foto: fernweis.com

Masalah perceraian dalam hubungan rumah tangga adalah hal yang kerap terjadi di masyarakat. Perceraian juga tidak hanya terjadi di kalangan artis saja tetapi juga di kalangan Pegawain Negeri Sipil (PNS).

Peristiwa perceraian di kalangan PNS menjadi masalah yang serius. Di jajaran Pemerintah Kabupaten Kuningan, perkawinan dan perceraian PNS diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Kuningan Nomor 59 Tahun 2015.

Kali ini Kuninganizer, membagi informasi data (tidak) penting tentang beberapa fakta perceraian PNS Kuningan dalam Materi Sosialisasi Perbup 59 Tahun 2015.

1. Pertengkaran menjadi alasan terbesar PNS izin perceraian.
Pada rekapitulasi penanganan izin cerai tahun 2015, sebanyak 21 kasus beralasan melakukan perceraian karen Pertengkaran.

2. Unit kerja Dinas Pendiikan, Pemuda dan Olahraga paling banyak melakukan izin perceraian.
Masih dalam rekapitulasi penanganan izin cerai tahun 2015, dari jajaran Disdikpora berhasil menorehkan puncak izin cerai sebanyak 26 kasus.

3. PNS wanita yang menjadi istri Kedua/Ketiga/Keempat, dijatuhi hukuman disiplin berupa pemberhentian tidak dengan hormat sebagai PNS.

4. Apabila perceraian terjadi atas kehendak PNS pria, maka ia wajib menyerahkan sebagian gajinya sepertiga untuk penghidupan bekas isteri dan anak-anaknya, apabila melanggar dijatuhi salah satu Disiplin Tingkat Berat.

5. PNS yang akan melakukan perceraian wajib memperoleh dulu izin dari pejabat yang berwenang, dan PNS pria yang akan beristeri lebih dari seorang, wajib memperoleh izin lebih dahulu dari Pejabat dan istri pertama, apabila melanggar dijatuhi salah satu hukuman Disiplin Tingkat Berat.

6. PNS dilarang hidup bersama dengan wanita yang bukan isterinya atau dengan pria yang bukan suaminya sebagai suami tanpa ikatan perkawinan yang sah, apabila melanggar dijatuhi salah satu Disiplin Tingkat Berat.

7. PNS yang tidak melaporkan perceraiannya dalam jangka waktu selambat-lambatnya satu bulan terhitung mulai terjadinya perceraian, dan tidak melaporkan perkawinannya yang kedua/ketiga/keempat dalam jangka waktu selambat-lambatnya satu tahun terhitung sejak perkawinan tersebut dilangsungkan, dijatuhi salah satu hukuman Disiplin Tingkat Berat.

Nah, itulah 7 fakta seputar perceraian PNS Kuningan. Semoga bermanfaat dan semoga kita terhindar dari perselingkuhan yaa..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here