9 Cara Mudah Menabung Supaya Uang Nggak Cepat Habis
foto: rapika slalu dicintai

KUNINGANIZER.com – Mungkin kamu sering bertanya-tanya kenapa uangmu mendadak habis padahal masih banyak barang yang belum kamu beli. Kalau kamu terus-terusan berpikir kayak gitu, bisa-bisa kamu nggak akan pernah punya tabungan. So, kamu harus pintar-pintar berhemat nih! Udah usaha hemat, tapi masih gagal juga? Tenang, kamu bisa praktekin cara-cara di bawah ini.

1. Buatlah dua akun tabungan di bank yang berbeda. Akun yang satu untuk kamu pakai dan akun yang satu lagi jangan disentuh.

Bila perlu, akun yang satu itu tidak perlu kamu buat ATM supaya kamu nggak tergoda untuk menggunakannya. Kan bisa ambil pake buku tabungan. Loh, tadi katanya mau hemat. Pokoknya, cukup satu akun tabunganmu saja yang boleh kamu gunakan.

2. Kalau memang kamu sulit sekali mengerem keinginan belanjamu, titipkanlah uang, ATM, dan buku tabunganmu ke orangtua.

Kalau orangtuamu berkarakter tegas dan disiplin, kamu pasti malas meminta uang tersebut untuk belanja barang yang nggak begitu penting.

3. Supaya lebih teratur, buatlah daftar barang yang benar-benar kamu butuhkan selama satu bulan ke depan.

Meskipun uangmu masih cukup, jangan tergoda untuk berbelanja lebih dari jumlah yang tercantum dalam daftar. Kalau sampai kamu belanja habis-habisan, jangan terkejut kalau uangmu cepat habis.

4. Tanpa sadar, penggunaan kartu kredit bisa membuatmu boros, karena asal gesek saja dan seolah tidak mengeluarkan uang.

Untuk mengatasinya, kamu harus terbiasa untuk membayar dengan menggunakan uang tunai, agar kamu dapat mengetahui seberapa banyak uang yang sudah keluar. Kalau uang di dompetmu tinggal sedikit, tentu kamu akan ragu untuk belanja lagi.

5. Ke sekolah, ke kampus, atau hang out, usahakanlah untuk membawa uang secukupnya.

Sebelumnya perkirakan dulu apa saja kebutuhan selama di sekolah, kampus, dan hang out. Untuk jaga-jaga, cukup lebihkan sedikit saja. Menaruh banyak uang di dompet akan membuatmu mudah sekali mengeluarkan uang untuk barang-barang yang tidak begitu penting.

6. Biasanya motivasi menabung timbul jika seseorang memiliki rencana yang besar.

Kamu pun bisa melakukannya. Misalnya, kamu ingin membeli gadget yang cukup mahal, memulai bisnis, atau liburan ke luar negeri. Setiap kamu mengingat rencana besarmu itu, pasti kamu akan berusaha untuk menabung dan menghemat pengeluaran.

7. Minta uang saku mingguan. Kebanyakan mereka yang boros mendapatkan uang saku bulanan.

Eits, tapi nggak semuanya kok. Kalau kamu terbiasa belanja banyak setiap dapat uang saku di awal bulan, sebaiknya kamu mulai mengganti jadwalnya menjadi mingguan. Dengan begitu, kamu tetap memegang uang di akhir bulan.

8. Menghindari diskon. Meskipun dalam rangka menabung, siapapun yang tinggal di kota pasti nggak bisa lepas dari kunjungan ke mall.

Nah, supaya kunjunganmu ke mall nggak membuatmu mengeluarkan uang, sebaiknya kamu menghindari diskon, seperti jalan cepat-cepat. Akan lebih baik lagi kalau kamu tidak sering-sering hang out di mall terutama saat diskon besar-besaran.

9. Nah, mulai sekarang biasakanlah untuk membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. 

Selain kamu bisa hemat, bekal dari rumah juga pastinya lebih sehat dan terjamin kebersihannya. Apalagi kalau bekal yang kamu bawa adalah makanan favorit kamu. Dijamin kamu nggak bakal tergoda untuk jajan di luar.

Dimulai dari hari ini, tekadkanlah untuk menabung dan prioritaskanlah membeli barang yang benar-benar kamu butuhkan. OK!

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here