curug cigalagah leutik foto adam nursyahbani kuninganizer
curug cigalagah leutik foto adam nursyahbani kuninganizer

KUNINGANIZER.com – Potensi hutan kawasan Gunung Tilu sangat penting bagi kehidupan masyarakat sekitarnya. Kawasan ini merupakan lokasi hulu tiga sungai besar di wilayah Kuningan timur yakni sungai-sungai Citaal, Cijangkelok dan Cikaro.

Hutan-hutan di wilayah ini, meski bukan lagi hutan yang belum terjamah, kebanyakan masih berupa hutan alam yang berstatus hutan lindung. Keanekaragaman hayati yang dikandungnya adalah luar biasa, mengingat bahwa lingkungan di sekitarnya merupakan wilayah pemukiman yang relatif padat.

curug cigalagah gede foto adam nursyahbani kuninganizer
foto: adam nursyahbani

Di bawah kaki Gunung Tilu terdapat Curug yang sangat indah bernama Curug Cigalagah. Curug ini memiliki dua bagian, yakni curug cigalagah gede dan curug cigalagah leutik.

Dengan ketinggian sekitar 15 meter dan kolam yang sangat luas, curug cigalagah wajib kamu kunjungi bersama teman-teman.

Berlokasi di daerah Desa Sukarapih Kec. Cibereum Kuningan ini cocok sekali dikunjungi disaat musim hujan dikarenakan debet air yang mengalir deras nan bersih cocok untuk sekedar berenang dan selfie.

Sebelum menuju curug pengunjung akan disuguhkan susana sawah-sawah yang hijau serta pohon pinus yang bikin adem.

Masalah biaya tak usah risau, untuk menuju ke sana kamu tidak dipungut uang sepeserpun alias gratis. Sedangkan untuk parkirnya kamu cukup menyimpan kendaraan di balai desa Sukarapih atau tidak di rumah warga.

Meski gratis, tetap jaga keindahan yang diberikan Tuhan ini ya. Jangan buang sampah sembarangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here