Tak Ada Pesona Kuningan Dalam Pesona Indonesia, Kenapa?

Jika kamu sering melihat layar televisi dibanding membaca kabar ‘siapa yang cocok mewakil Acep Purnama’ akhir-akhir ini, iklan ‘Pesona Indonesia’ dengan sound track yang khas diisi oleh penyanyi asal Sumedang, Rossa itu pasti sesekali pernah melihat. Iya kan.

Tidak hanya di layar kaca rumah, iklan tersebut juga ditayangkan di 55 Bioskop seluruh Indonesia. Hebat.

Dalam iklan itu menampilkan beberap ikon wisata andalan Indonesia, beberapa diantaranya Bali, Yogyakarta dan masih banyak lagi.

Wisata Kuningan gak ada?

Iya memang tidak ada. Mungkin terlalu berat wisata Kuningan untuk muncul dalam iklan televisi tersebut.

Jangankan muncul di layar kaca, dalam website resmi Parawisata Indonesia pun Gunung Ciremai dan kawan-kawan tak ada dalam list mereka.

Kenapa ini?

“Ini adalah warning bagi Balai Taman Nasional Gunung Ciremai untuk segera berbenah menjadi destinasi wisata di Indonesia atau di Jawa Barat saja dulu.” tulis oleh Balai Taman Nasional Gunung Ciremai di okezone.

Mirisnya lagi, Gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat, tiket-masuknya-pun-paling-wah-sendiri saja tak masuk dalam daftar destinasi unggulan Jawa Barat. Pokonya wisata Kuningan tidak ada dalam list itu, Ikan Dewa Cibulan? Tidak ada.

Untuk wisata di Cirebon ada beberapa yang masuk, Makam Sunan Gunung Jati salah satunya. Padahal jarak tempuh dari Cirebon ke Kuningan tidak lebih dari dua jam, ya kecuali kalau dari Cirebon ke Kuningan terus ke Cibingbin. Mungkin saja.

Semoga saja ini hanya kehilapan admin untuk memasukan wisata kebanggaan warga Kuningan. Tapi, boleh lho sekali-kali mikir, jangan-jangan, pihak per-traveling-an di Kuningan cuma ngurusin info wisata lewat led running text. Kudu gitu kami memelankan kendaran atau sengaja ngiri dulu untuk baca running text di perempatan sangkanhurip. Atuhlah uy.

Agar kami tak kalah dengan Trans Studio Bandung yang masuk ke dalam 55 destinasi di Jabar, sekiranya dek-dek gemes yang keikinian tak berbuat semena-mena dalam “My Trip, My Adventure”-nya ya, penulis juga sertakan pihak disparbud jawa barat agar memberikan wejangannya kepada bapak-bapak yang budiman di Kuningan agar (gak muluk-muluk) Gunung Ciremai (saja dulu) masuk ke dalam website dengn multi bahasa itu. Plis.

Eh ada.

Alhamdulillah, setelah menjelajah isi website dengan menggunakan feature search dengan kata kunci ‘kuningan’, Upacara Adat Seren Taun di Cigugur termasuk dalam list jelajah event di Pesona Indonesia. List event ya, bukan list destinasi.

Tapi pak, ini belum cukup pak.

Comments

Add a comment

  • abdul haffif
    01/08/2016 at 7:15 am

    artikel yang bagus banget. membuka dan buat melotot mata. kurang ngerti kenapa banyaknya keindahan alam di Kuningan ga masuk ke list destinasi pariwisata Indonesia. mudah-mudahan dengan adanya artikel ini bisa ada perubahan untuk Kuningan.

chat
Add a comment
keyboard_arrow_up