pemandian air panas subang (foto: ian bahtiar)
pemandian air panas subang (foto: ian bahtiar)

KUNINGANIZER.com – Setelah terkenal dengan pemandian air panasnya, khususnya bagi wisatawan lokal asal Priangan Timur bagian utara (daerah Banjar, Ciamis Utara), dan Kuningan Selatan, serta Kabupaten Majalengka, Desa Subang, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan, masih menyimpan beberapa objek wisata alam yang tergolong masih alami dan sangat potensial untuk dikembangkan, salah satu obyek yang menarik dan belum pernah terekspos ke publik sebelumnya adalah Curug Parakanpanjang.

Dinamakan Curug Parakanpanjang karena bila dibandingkan dengan curug (air terjun) pada umumnya, curug ini memiliki bentuk yang unik karena memiliki karakteristik yang berbeda sebagaimana curug pada umumnya (berbentuk curam), yang menjadi ciri khas dari curug ini adalah bentuknya yang agak landai, berundak-undak dan memanjang dengan jatuhnya air berpola semi vertikal, sehingga bila dipandang dari kejauhan dengan paduan lingkungan alam di sekitarnya, akan tampak lebih eksotik.

Curug Parakanpanjang bak mutiara yang masih tersimpan, tampak Indah, alami dan eksotik.
Curug Parakanpanjang bak mutiara yang masih tersimpan, tampak Indah, alami dan eksotik.

Untuk mencapai ke tempat ini, anda yang berasal dari Kota Kuningan dan sekitarnya dapat menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 45 kilo meter ke arah selatan-timur menuju Desa Subang, baik dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua dengan lama perjalanan kurang lebih satu setengah jam, sedangkan bagi anda yang berada di wilayah Kuningan bagian timur, perjalanan anda bisa dimulai dari Kecamatan Ciwaru melalui Kecamatan Cilebak, baik menggunakan kendaraan roda dua, maupun roda empat dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam perjalanan melalui rangkaian pegunungan dan perbukitan.

Bagi pengguna kendaraan roda dua, sesampainya di Desa Subang, anda bisa langsung menuju lokasi, sedangkan bagi pengguna kendaraan roda empat, anda harus rela dan berbesar hati untuk memparkir dan mengganti kendaraan anda dengan roda dua, yakni berupa ojeg yang banyak tersedia di sana, karena jalan untuk menuju lokasi sementara ini hanya diperuntukan bagi kendaraan roda dua.

 

Salah satu curug di Sungai Citiis yang letaknya berdekatan dengan Curug Parakanpanjang.
Salah satu curug di Sungai Citiis yang letaknya berdekatan dengan Curug Parakanpanjang.

Lokasi curug masih dalam satu kawasan dengan obyek wisata yang selama ini sudah lebih dahulu dikenal, yakni pemandian air panas, cuman letaknya saja yang terpisah agak jauh ke atas, namun untuk masuk ke lokasi, anda tetap harus melalui pintu masuk pemandian air panas tesebut. Lama perjalanan menuju lokasi pemandian air panas cukup ditempuh selama kurang lebih sepuluh menit dari pusat Desa Subang, dan jalan yang akan dilalui berupa jalan bercor yang sebagian mendaki dan menuruni bukit.

Selama dalam perjalanan, anda tidak perlu merasa bosan, karena anda akan merasakan segarnya udara pegunugan ditambah teduh dan rindangnya pepohonan serta panorama alam yang cukup indah.

Curug dengan konfigurasi batu- batu besar tempat favorit bagi kaula muda untuk ber-selfie ria, letaknya masih berdekatan dengan pemandian air panas.
Curug dengan konfigurasi batu- batu besar tempat favorit bagi kaula muda untuk ber-selfie ria, letaknya masih berdekatan dengan pemandian air panas.

Sesampainya di lokasi pemandian air panas, anda bisa langsung memasuki komplek pemandian tersebut dengan cukup merogoh kocek sebesar lima ribu rupiah perorangya, sebuah harga yang cukup murah bukan? tentu jika hal ini dibandingkan dengan pengalaman dan sensasi yang akan anda dapatkan nantinya. Nah, selanjutnya, terserah anda, mau terus melakukan perjalanan, atau beristirahat sejenak sambil menikmati suasana di sekitar pemandian air panas.

Jika anda memutuskan untuk langsung menuju lokasi curug, anda bisa meminta bantuan pemuda atau warga setempat yang senantiasa stand by setiap saat untuk memberikan panduan selama dalam perjalanan, namun untuk menuju ke bagian atas dimana tempat curug itu berada, anda harus siap-siap mental dan berjuang dengan berjalan kaki menaiki dan menyusuri tebing bebatuan serta jalan setapak pinggir sungai dan hutan dengan waktu tempuh kurang lebih selama 45 menit.

Curug Parakanpanjang berada di bagian atas kaki Gunung Cipanas, tepatnya di Sungai Citiis, yaitu sebuah sungai yang mengalir di tengah-tengah kawasan hutang lindung yang relatif masih alami dan terjaga kelestariannya.

Bila sudah berada di sekitar curug ini, kita akan merasakan suasana dan sensasi yang berbeda, disamping menikmati keindahannya, kita juga akan disuguhi dengan suasana lingkungan alam di sekitarnya yang benar-benar tenang dan damai, kita akan mendengar suara gemericik air terjun yang sesekali akan ditingkahi suara kicauan burung, karena keberadaannya benar-benar di tengah hutan yang masih alami.

Suasana seperti ini sangat cocok untuk kegiatan relaksasi, terutama bagi pengunjung yang membutuhkan ketenangn, khususnya bagi anda yang terbiasa tinggal di kota-kota besar yang kadangkala diterpa rasa jenuh dan bosan dengan rutinitas, kesibukan, serta hiruk pikuknya perkotaan.

Kondisi hutan lindung di sekitar Curug Parakanpanjang, dengan nuansa hutan hujan tropis yang tampak masih alami.
Kondisi hutan lindung di sekitar Curug Parakanpanjang, dengan nuansa hutan hujan tropis yang tampak masih alami.

Bagi kawula muda yang meyukai tantangan, tempat ini sangat cocok untuk meningkatkan kemampuan mendaki atau memanjat tebing, karena akses untuk menuju tempat ini harus ditempuh melalui jalan setapak dan tebing berbatu yang cukup terjal, disamping itu, masih ada beberapa curug lagi di atasnya yang cukup menantang untuk dikunjungi.

Untuk sementara, bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke curug tersebut harus didampingi oleh pemandu lokal, karena aksesnya yang cukup sulit, disamping itu, para pengunjung juga harus melewati hutan lebat serta pertigaan alur sungai yang cukup asing, khususnya bagi para pendatang.

Selesai mendaki dan turun dari Curug Parakanpanjang, para pengunjung tidak perlu khawatir akan kecapaian, karena di bawah sudah menunggu sebuah pemandian air panas untuk berendam sekaligus relaksasi guna melemaskan otot-otot yang sudah kaku, dan untuk merasakan sensasi yang berbeda tentunya.

Bagi anda yang memiliki gangguan penyakit kulit seperti kudisan, gatal-gatal dan sebagainya, tempat ini sangat cocok bagi anda, disamping dapat menikmati liburan, anda juga sekaligus bisa berobat, dengan berendam di air panas, penyakit-penyakit seperti di atas dapat disembuhkan.

Menurut informasi dari petugas setempat, kadar belerang yang terkandung didalam air panas yang ada di tempat ini sangat baik untuk pengobatan, terutama berbagai penyakit kulit, hal ini diperoleh dari hasil penelitian seorang ahli yang pernah melakukan penelitian di tempat ini, dan terbukti banyak yang berkunjung dari berbagai daerah ke tempat ini, khusus untuk tujuan berobat. Bagi pengunjung yang datang dengan tujuan berobat, di tempat ini telah disediakan kolam khusus yang letaknya beberapa puluh meter dari kolam pemandian umum.

Pada hari-hari libur sekolah atau long weekend, tempat ini senantiasa dipadati pengunjung, bukan saja yang datang dari daerah setempat, tetapi dari berbagai daerah di sekitarnya seperti Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Majalengka.

Bagi wisatawan yang ingin berendam di air panas lebih nyantai dan leluasa, disarankan untuk mengambil waktu berendam pada petang atau menjelang sore hari, pada waktu ini pengunjung biasanya mulai berkurang. Untuk wisatawan yang membawa anak-anak tidak perlu kawatir, karena di tempat ini juga disediakan kolam khusus bagi mereka yang juga dilengakpi dengan alat permainan yang lumayan menyenangkan.

Kolam Pemandian Umum tampak dipadati pengunjung, fenomena ini terjadi pada hari libur/long weekend.
Kolam Pemandian Umum tampak dipadati pengunjung, fenomena ini terjadi pada hari libur/long weekend.

Untuk masalah makanan, anda tidak perlu khawatir, karena di area pemandian air panas tersedia kios-kios yang menjajakan berbagai jenis makanan dari yang rigan sampai yang berat dengan menu ala resto bernuansa lokal.

Bagi wisatawan yang kesorean atau masih ingin menikmati suasana alami dan berendam di air panas lebih lama lagi, tidak perlu khawatir, karena di tempat ini juga disediakan beberapa kamar untuk menginap dengan biaya yang cukup murah tentunya.

Di malam hari anda pun tetap bisa melakukan aktivitas sebelum beristirahat yakni berupa barbeque atau liwetan ala pemuda lokal yang akan didampingi oleh pemuda pencinta alam setempat. Menarik bukan ? Pokoknya jangan lewatkan tempat wisata yang satu ini dalam kalender liburan anda, nikmati liburannya, dan rasakan sensasinya, So tunggu apa lagi, selamat menikmati liburan di Desa Subang.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here