More

    Tips Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

    kuninganizer.com – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa aplikasi perpesanan whatsapp telah menjelma menjadi aplikasi sejuta umat yang paling sering digunakan untuk berkomunikasi online via chat maupun video call oleh pengguna smartphone atau ponsel di tanah air hingga dunia, dimana hampir semua pengguna smartphone atau ponsel pasti memiliki aplikasi ini di Hp masing-masing.

    Aplikasi perpesanan atau chat whatsapp yang sederhana ini memiliki keunggulan tersendiri apabila dibandingkan dengan aplikasi perpesanan sejenis lainnya. Salah satu hal yang membuat aplikasi ini sangat populer selain gratis diunduh, adalah karena aplikasi ini tanpa iklan yang mengganggu tidak seperti aplikasi gratis lainnya, dan juga selain itu, banyaknya orang yang menggunakan aplikasi ini, sehingga berkomunikasi bersama teman, keluarga, rekan kerja pun menjadi sangat mudah. Maka tidak mengherankan, banyak orang memiliki puluhan grup perpesanan baik itu grup keluarga, grup kerja, grup komunitas, dan lainnya dalam satu aplikasi whatsapp.

    Dengan manfaat serta fungsi vitalnya sebagai aplikasi untuk berkomunikasi secara online dengan orang lain, tentunya whatsapp yang error atau bermasalah akan membuat anda bingung bukan? Dimana salah satu masalah paling yang sering dikeluhkan pengguna adalah kontak whatsapp yang hilang dan mencoba mencari tahu cara bagaimana mengembalikannya.

    Tips Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

    Nah bagi anda yang mengalami masalah serupa, jangan langsung panik atau bingung karena ada cara mengatasinya yang mana akan kita bahas berikut ini mengenai tips ampuh untuk mengembalikan kontak whatsapp yang hilang dengan mudah. Penasaran? Simak tipsnya sebagai berikut :

    1. Mengaktifkan menu Permission

    Jika nomor-nomor kontak Whatsapp anda tiba-tiba hilang, maka kemungkinan besar anda mungkin belum mengaktifkan menu Permission di ponsel anda yang menyebabkan kontak di smartphone dan WhatsApp menjadi tidak terkoneksi dan hilang tiba-tiba, apabila anda mematikan atau merestart ponsel anda.

    Baca Juga  Apakah Pop up itu ? Ini Fungsi Dan Jenisnya

    Agar kejadian tersebut tidak terus berulang dan membuat anda panik dan bingung, maka anda wajib mengaktifkan menu Permission di smartphone anda. Dimana caranya pun cukup mudah dengan masuk ke menu Settings lalu Application dan pilih menu WhatsApp kemudian menu Permission. Setelah itu, aktifkan menu Permission di WhatsApp anda, agar sistem bisa membaca kontak anda dan agar nantinya nomor kontak whatsapp anda hilang lagi secara tiba-tiba.

    2. Membersihkan cache aplikasi WhatsApp

    Apabila kontak whatsapp anda tiba-tiba hilang tanpa alasan atau tidak disengaja, anda dapat menggunakan cara ini dengan sangat mudah dimana anda cukup masuk ke Settings Hp anda lalu kemudian pilih Application, dan lanjut pilih WhatsApp. Setelah muncul tampilan Apps Info, langsung pilih menu Force Stop kemudian pilih menu Clear Cache.

    Apabila cara tersebut telah anda lakukan, silahkan restart Hp atau ponsel anda dan silahkan cek kembali ke aplikasi WhatsApp anda, dan jika berhasil maka kontak yang hilang bakal kembali anda temukan lagi di WhatsApp anda.

    3. Tampilkan semua kontak dari pengaturan WhatsApp

    Perlu anda ketahui juga, bahwa apabila anda menemukan kontak anda tidak hilang, bukan berarti terhapus atau hilang tiba-tiba, sebab bisa jadi nomor kontak di WhatsApp tiba-tiba hilang disebabkan pengaturan kontak di menu Pengaturan WhatsApp anda belum aktif.

    Nah, agar anda tidak bingung lagi kedepannya mengapa kontak anda hilang-hilang, anda bisa mengaktifkan pengaturan ini di menu Settings lalu Contact dan cek list opsi Display All Contact, dimana nantinya daftar kontak anda ditampilan semua di daftar kontak whatsapp anda sehingga anda pun hanya perlu mencari dan menemukan kontak yang anda inginkan.

    Baca Juga  Membuat Status WhatsApp Tidak Dilihat Orang Lain, Khusus Kontak Yang Diinginkan

    4. Aktifkan kontak di akun Gmail-mu

    Perlu anda ketahui bahwa, aplikasi whatsapp memiliki kontak yang dapat terintegrasi dengan akun google. Bagi anda yang cuman memiliki satu akun google tentunya bukan masalah, tetapi bagi anda yang memiliki banyak akun google atau gmail dimana kontak yang harusnya tersimpan di Gmail tidak ditampilkan di Phone Book dan otomatis kontaknya tidak akan muncul di WhatsApp anda.

    Namun jangan kuatir, sebab untuk mengatasinya pun cukup mudah dimana anda cukup pergi ke Settings dan masuk di aplikasi kontak smartphone anda. Kemudian cari menu Contact to display, dan cek list akun Gmail tempat anda menyimpan kontak. Setelah itu, jangan lupa Refresh Contact pada aplikasi WhatsApp dan secara otomatis kontak yang hilang akan muncul kembali.

    5. Dan Terakhir, Hapus dan instal ulang WhatsApp Anda

    Apabila anda sudah diposisi telah melakukan langkah-langkah diatas tetapi kontak anda tetap hilang, maka anda wajib mengikuti langkah terakhir ini yakni dengan menghapus dan install ulang whatsapp anda. Perlu anda ingat, bahwa install ulang whatsapp anda langsung dari playstore atau google playstore yang resmi untuk menghindari masalah kedepannya seperti virus, hack, dan lainnya.

    Sekian informasi mengenai Tips Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang yang semoga dapat membantu anda yang menemui masalah kontak yang tiba-tiba hilang dari whatsapp anda yang tentunya dapat anda selesaikan dengan mudah, cukup mengikuti langkah-langkah diatas. Terima kasih

    Artikel Terbaru

    Related articles

    Leave a reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_imgspot_img