More

    Cara Mengatasi Storage Ponsel Android yang Penuh dan Gagal Menyimpan

    Bagi anda pengguna smartphone, masalah penyimpanan tentu merupakan hal yang patut anda perhatikan, baik pada saat memilih smartphone maupun pada saat menggunakan smartphone. Sebab masalah penyimpanan atau storage yang penuh menjadi salah satu masalah yang kerap di alami oleh para pengguna smartphone, baik itu yang memiliki smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang besar apalagi bagi yang memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas.

    Nah, bagi anda yang mungkin sedang membaca artikel ini dan mengalami masalah penyimpanan ponsel yang penuh, tentunya hal tersebut sangat menyebalkan bukan ?Apalagi bila anda dalam situasi penting yang mengharuskan anda menyimpan file ke dalam ponsel anda, membuat anda pun akan kebingungan untuk memilih menghapus file mana yang menurut anda tidak penting yang tentunya biasanya akan memakan waktu. Dan tidak hanya itu, dimana akan lebih menyebalkan ketika anda telah memilih file dan menghapusnya tetapi ponsel anda tetapi memberikan notifikasi penyimpanan storage yang penuh.

    Notifikasi penyimpanan yang penuh akan terus akan dapatkan walaupun anda telah menghapus beberapa file yang menurut anda bisa di hapus, karena ponsel anda akan selalu menerima file baru baik disengaja atau tidak disengaja selama anda masih menggunakan ponsel tersebut, dimana file tersebut dapat dari file whatsapp, sosial media seperti instagram, facebook, atau file dari mengambil foto atau video, hingga file cache browsing anda di internet dimana semuanya akan masuk ke ruang penyimpanan atau storage ponsel anda.

    Lalu bagaimana cara mengatasi penyimpanan storage ponsel yang penuh? Kali ini kami akan membahas cara Mengatasi Storage Ponsel Android yang Penuh dengan Mudah dengan beberapa langkah yang mudah sebagai berikut :

    1. Backup file penting ke kartu memori

    Hal yang pertama dan sekaligus paling penting anda lakukan untuk memberi ruang pada storage di ponsel android anda adalah dengan melakukan backup data anda ke kartu memori external dari penyimpanan internal di ponsel anda.

    Baca Juga  Apakah Pop up itu ? Ini Fungsi Dan Jenisnya

    Anda dapat memindahkan file-file yang ukurannya besar dan penting ke kartu memori eksternal, dengan tujuan agar storage internal di smartphone anda bisa difokuskan untuk menyimpan update aplikasi yang akan memakan ruang yang cukup besar.

    Bagi anda yang belum paham cara memindahkan file ke memory eksternal caranya sangat mudah dimana anda dapat membuka menu Apps atau App Manager lalu pilih aplikasi mana yang ingin anda pindahkan ke memori eksternal lalu pilih tombol Move to SD Card dan secara otomatis aplikasi itu bakal pindah lokasinya ke memori eksternal

    2. Menghapus semua file di folder .thumbnails

    Setelah langkah pertama anda lakukan, selanjutnya adalah adalah menghapus semua file di folder .thumbnails yang berisi backup atau chace dari foto yang anda ambil dengan kamera. Adapun caranya adalah pilih internal storage di menu File Manager dan masuk ke folder DCIM atau Picture. Kemudian masuk folder .thumbnails dan hapus semua file yang ada didalamnya. Dengan melakukan hal tersebut, anda akan dapat langsung merasakan ponsel anda akan lebih lega dan lancar.

    3. Hapus file cache dari semua aplikasi

    Jika anda telah melakukan cara pertama dan kedua dan anda masih belum puas dan melihat ruang storage di ponsel anda masih belum terlalu kosong, anda juga bisa menghapus file cache dari semua aplikasi atau file yang sifatnya sementara di smartphone. Walaupun file biasanya cuman berukuran kecil serta sementara, akan tetapi cache terkadang memang memakan banyak kapasitas memori internal ponsel Android. Anda bisa menghapus satu per satu cache dari aplikasi di storage ponsel Android agar kapasitas penyimpanan lebih lega.

    Namun tentunya untuk menghapus cache tiap aplikasi akan membutuhkan waktu, tapi anda juga bisa menggunakan aplikasi khusus yang bisa anda gunakan untuk membersihkan cache, seperti aplikasi pembersih cache yang bisa anda instal di ponsel Android anda , yakni App Cache Cleaner atau CC Cleanser dan banyak pilihan aplikasi pembersih cache yang lain.

    Baca Juga  Menyembunyikan Aplikasi di Android Agar tidak Dilihat Orang lain

    Sekian informasi mengenai Cara Mengatasi Storage Ponsel Android yang Penuh dan Gagal Menyimpan, dengan tujuan agar nantinya anda tidak kebingungan lagi menghapus satu persatu file setiap ponsel anda menginformasikan storage penuh. Diharapkan dengan solusi diatas, dapat membuat ruang yang kosong dan lega untuk ponsel anda, sehingga anda tidak perlu lagi menghapus file ponsel setiap waktu notifikasi penyimpanan ponsel penuh.

    Artikel Terbaru

    Related articles

    Leave a reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_imgspot_img