More

    Cara Jitu Ponsel Android Ngebut Dan Lancar Tanpa Ngelag

    Smartphone atau ponsel seolah menjadi salah satu kebutuhan primer atau wajib di era modern dan teknologi seperti jaman sekarang ini yang mana ponsel menjelma menjadi perangkat multifungsi yang mendukung aktifitas pengguna sehari-hari seperti bekerja, kuliah, sekolah, keluarga, hingga bergaul dengan rekan dan teman.

    “Ketagihan” akan ponsel tentu bukan tanpa alasan selain fungsi utama ponsel menerima dan memanggil nomor telpon dan sms. Dengan ponsel, pengguna dapat mengisi waktu bermain game, mengoperasikan berbagai macam aplikasi seperti aplikasi editing, foto dan video, chat dan video call serta banyak aplikasilainnya. Dan tidak hanya itu, dimana kebutuhan berbelanja dan perbankan digital, hingga menghasilkan uang secara online pun bisa hanya menggunakan ponsel, sehingga tidak mengherankan fungsi ponsel yang begitu banyak membuat ponsel tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari di era modern seperti sekarang.

    ponsel android ngelag

    Namun seiring pemakaian dan kegiatan yang multifungsi di ponsel biasanya menyebabkan masalah tersendiri, salah satunya yang paling banyak dikeluhkan adalah dimana pada awalnya performa hp yang super ngebut dan lancar mengalami penurunan performa alias melambat atau slow respon yang pastinya akan sangat menyebalkan dan dapat menunda aktifitas anda di hp sedikit lebih lama dari biasanya.

    Baca Juga  Cara Mematikan Autoplay Video di Youtube, Facebook, Instagram, dan Twitter

    Bagi anda yang menemukan masalah tersebut, jangan langsung panik sebab hal tersebut merupakan hal yang wajar sebab banyaknya file tugas yang menumpuk membebani memori dan prosesor hp membuat performa hp menjadi menurun, lemot hingga ngelag. Untuk itu diperlukan Cara Jitu Ponsel Android Ngebut Dan Lancar Tanpa Ngelag yang dapat anda simak sebagai berikut :

    Menghentikan Akses Lokasi

    Tahukah anda bahwa Akses lokasi dapat memberatkan hp anda sebab beberapa aplikasi di hp anda akan terus mengaksesnya. Adapun contoh aplikasi yang membutuhkan akses lokasi seperti whatsapp, grab, facebook dan sebagainya. Bagi anda yang ingin menonaktifkan izin lokasi, berikut cara untuk meninjau aplikasi dan mencabut izin.

    – Gesek ke bawah dari atas layar.
    – Sentuh dan tahan lokasi .
    – Pilih Izin Lokasi Aplikasi .
    – Ada opsi Diizinkan sepanjang waktu , Hanya diizinkan saat digunakan , dan Tidak diizinkan , temukan aplikasi yang dapat menggunakan lokasi ponsel anda. Cukup klik aplikasi untuk mengubah izin.

    Hapus Aplikasi Bawaan yang Tidak digunakan

    Pada beberapa merek Hp biasanya membawa aplikasi bawaan yang mungkin tidak anda perlukan. Dan semakin lama anda menggunakan hp anda, aplikasi tersebut terus bekerja dan memberatkan kinerja hp anda. Jadi sebaiknya bila anda tidak membutuhkan aplikasi bawaan tersebut dan bisa untuk di hapus, anda bisa segera menghapusnya.

    Menghapus Cache Aplikasi

    Hal ini mungkin yang sering terlewatkan oleh para pengguna ponsel, tapi tahukah anda setiap anda membuka aplikasi dan situs web, hal tersebut akan menyimpan informasi penggunaan di ponsel anda dan semakin sering anda browsing dengan membuka situs web serta aplikasi akan membuat cache penggunaan juga akan otomatis menumpuk di memori hp anda yang dapat membuat hp anda menjadi lemot dan slow respon bahkan ngelag.

    Nah, dengan alasan tersebut, maka sebaiknya anda rutin menghapus cache situs web atau aplikasi yang tidak sering digunakan yang akan dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat.

    Caranya cukup mudah untuk anda lakukan sendiri dan tanpa ribet yakni, dimana anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, atau mengakses Settings > Apps > Pilih Aplikasi yang Hendak Dihapus Cache-nya > Storage > Clean Cache.

    Rutin Update OS

    Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa setiap Hp atau smartphone memiliki OS atau operation sistem yang menjadi pusat operasi hp, dimana dengan memperbaharui OS akan memberikan fitur terbaru OS di hp anda yang bisa membuat performa ponsel meningkat. Maka disarankan untuk selalu update OS bila sudah tersedia.

    Rutin Membersihkan RAM

    Membersihkan RAM bisa bantu meningkatkan performa. Caranya pun cukup mudah, dimana anda bisa dengan aplikasi memori optimizer yang diberikan vendor pembuat atau aplikasi pihak ketiga.

    Aplikasi Versi Lebih Ringan

    Banyak aplikasi yang memiliki aplikasi versi ringan dimana versi ringan biasa disebut versi “lite”. Untuk versi ringan atau versi lite ini tersedia untuk facebook, twitter dan lainnya. Untuk menemukan versi lite, anda hanya perlu ke playstore dan menambahkan “lite” dibelakang aplikasi yang anda cari.

    Menggunakan versi lite sebuah aplikasi jika tersedia untuk anda yang memiliki spesifikasi Hp yang terbatas, merupakan solusi yang baik untuk mengurangi beban kinerja hp anda sehingga menjadi lebih cepat dan ngebut.

    Sekedar informasi, bahwa tidak semua aplikasi memiliki versi lite, jadi anda perlu mengecek terlebih dahulu ketersediaan versi lite di app store di hp anda.

    Demikian informasi Cara Jitu Ponsel Android Ngebut Dan Lancar Tanpa Ngelag yang dapat anda lakukan sendiri ketika anda memiliki waktu kosong untuk mengotak-atik ponsel anda.

     

     

    Artikel Terbaru

    Related articles

    Leave a reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_imgspot_img