Ribuan Produk Kosmetik Ilegal dan Kadaluarsa di Jabar Disita BPOM

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Bandung telah menyita hampir 4.000 kosmetik ilegal yang tidak memiliki izin edar atau telah kedaluwarsa. Penyitaan dilakukan setelah memeriksa 30 lokasi penjualan distributor kosmetik.

Kepala BBPOM Bandung, Sukriadi Darma, mengatakan, total 3.826 kosmetik yang disita dari 182 jenis kosmetik. Ribuan kosmetik tersebut didapat dari agen, salon, dan klinik kecantikan.

“Ada tiga kategori yaitu kosmetik yang kedaluwarsa sudah lewat, kemudian kosmetik tanpa izin edar yang lokal, dan tanpa izin edar yang impor,” kata Sukriadi di Kantor Balai BPOM Bandung, dikutip dari medcom.id, Rabu, 3 Agustus 2022.

Sukriadi, Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jawa Barat, mengatakan pihaknya telah menyita ribuan kosmetik ilegal dari 8 daerah di Jawa Barat.

Sebagian besar kosmetik ilegal ditemukan di Kabupaten Karawang, di mana 2.178 buah disita.

Sukriadi menjelaskan bahwa sebagian besar kosmetik yang disita merupakan produksi lokal, dan masih banyak oknum produsen di dalam negeri yang tidak mematuhi ketentuan.

Dia menambahkan bahwa tingginya permintaan kosmetik ilegal didorong oleh fakta bahwa masih banyak masyarakat yang menginginkan perawatan untuk kebutuhan kecantikan.

Baca Juga  Sakit Gigi ? Berikut Obat Sakit Gigi di Apotek Ampuh Untuk Meredakan Nyeri

Artikel Terbaru

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img