More

    Mengatasi Ponsel Kemasukan Air, Agar Cepat Kering Tidak Rusak dan Mati Total

    Ponsel adalah sebuah perangkat eletronik yang kita ketahui bersama memiliki arus daya listrik dimana apabila daya listrik yang menjadi daya ponsel terganggu, maka ponsel rentan mengalami kerusakan bahkan mati total yang tentunya hal yang ingin anda hindari bukan?

    Salah satu keluhan yang paling sering dialami oleh pengguna ponsel adalah ponsel terkena atau kemasukan air. Dimana walaupun teknologi ponsel terbaru sudah banyak yang memiliki fitur waterproof atau anti air, akan tetap saja fitur tersebut memiliki batas tertentu dan tidak bisa melindungi 100% ponsel anda dari kerusakan pada tahap tertentu.

    Sedangkan bagi anda yang memiliki ponsel yang belum memiliki fitur anti air dan terkena masalah kemasukan atau terkena air, tentu saja anda harus segera melakukan langkah-langkah pertolongan pertama jika ponsel anda secara tidak disengaja kemasukan air untuk menghindari kerusakan yang lebih parah bahkan mati total.

    Baca Juga  Apa Perbedaan Power Bank 10000MAH dan 20000MAH, Serta Tips Memilih Power Bank

    Nah, bagi anda yang mengalami permasalahan ponsel terkena atau kemasukan air, jangan terlalu cepat panik dahulu dan mesti berpikir tenang sebab anda mesti melakukan langkah pertolongan pertama dengan cepat dan tepat seperti seperti jangan langsung dinyalakan, jangan terlalu banyak bergerak, dan sebagainya.

    Untuk cara menangani ponsel yang kemasukan air bagi ponsel anda yang masih belum memiliki fitur anti air, jangan kuatir sebab kali ini kami akan memberikan beberapa langkah yang harus anda lakukan sebagai berikut :

    1. Menonaktifkan atau matikan dengan segera ponsel anda yang bertujuan untuk memutuskan arus listrik dengan secepat mungkin agar tidak terjadi korsleting di ponsel anda karena seperti kita ketahui bersama ponsel merupakan perangkat eletronik yang memiliki daya listrik dari baterai ponsel.

    2. Jika memungkinkan untuk melepas casing ponsel anda, maka lepaskan casing ponsel dan meniup sekeras-kerasnya bagian air yang masih tertinggal di dalam ponsel hingga benar-benar sudah tidak terdapat percikan air yang keluar dari dalam hp anda.

    3. Mencabut kartu SIM, kemudian melepas Baterai yang merupakan sumber daya listrik ponsel dan juga melepas kartu memori.

    Baca Juga  Cara Jitu Ponsel Android Ngebut Dan Lancar Tanpa Ngelag

    4. Jangan Diguncang sebab mengguncang-guncang ponsel dengan keras tidak diperlukan, yang mana dengan maksud air bisa cepat keluar. Akan tetapi perlu anda ketahui, guncangan keras justru memperbesar risiko air untuk masuk semakin dalam dan justru merusak komponen internal.

    5. Jangan menggunakan Hair Dryer karena akan berdampak buruk pada ponsel anda. Karena hair dryer justru akan meningkatkan suhu komponen di dalam ponsel.

    6. Cara ini merupakan cara tradisional dan akan terdengar kuno, akan tetapi cukup ampuh untuk mengeringkan air yang masih terdapat di dalam ponsel anda, yakni menggunakan beras dengan menyediakan semangkuk beras kemudian masukkan ponsel anda kedalam beras tersebut, dan diamkan sekitar 20-30 menit. Sebab beras dapat menyerap air dengan cepat hingga ke bagian yang sulit terjangkau sehingga akan sangat membantu mengeringkan hp anda.

    7. Banyak orang yang salah kaprah dengan segera menjemur hp di sinar matahari ketika hpnya terkena atau kemasukan air, tetapi sebaiknya jangan menjemur ponsel di sinar matahari karena bukannya membantu mengeringkan ponsel anda malah dapat memperparah kerusakan pada ponsel anda dan pada beberapa komponen tertentu yang tentunya anda tidak inginkan bukan? Akan lebih aman menggunakan beras sebagai media untuk mengisap air dari dalam ponsel anda.

    8. Kemudian setelah merendam ponsel anda di beras. Silahkan mengambil kembali ponsel anda yang telah anda rendam didalam beras setelah beberapa lama lalu bersihkan dengan lap atau kain yang bersih.

    9. Cara lain yang natural untuk meresapkan air yang masuk di ponsel selain menggunakan media beras, anda juga dapat menggunakan silica gel yang juga banyak direkomendasikan. Anda cukup meletakkan ponsel di tumpukan silica gel selama beberapa hari hingga ponsel anda benar-benar kering.

    10. Terakhir, anda bisa mengecek dan meneliti dengan baik apakah masih ada sisa air di dalam ponsel anda. Jika anda sudah merasa yakin ponsel anda sudah benar-benar kering dari air, maka anda dapat mencoba memasang casing dan hal yang anda lepas sebelumnya dan segera mengaktifkan ponsel anda.

    Diharapkan ketika anda menyalakan kembali ponsel sudah kembali normal dan berfungsi dengan baik. Namun, jika anda merasa ponsel masih memiliki kelainan atau kejanggalan pada saat ponsel telah menyala seperti layar yang berembun, ponsel yang ngelag dan semacamnya, maka anda bisa segera mengulangi langkah di atas untuk benar-benar mengeringkan ponsel anda dan berfungsi normal kembali.

    Demikian cara Mengatasi Ponsel Kemasukan Air, Aman Tidak Rusak dan Mati Total bagi anda yang mengalami permasalah ini pada ponsel anda karena faktor ketidak sengajaan atau teledor. Semoga cara diatas dapat mengurangi resiko kerusakan pada hp anda.

     

    Artikel Terbaru

    Related articles

    Leave a reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    spot_imgspot_img