Jangan Asal Klik Allow Ketika Baru Mengunduh Aplikasi, Lebih Waspada Resikonya

kuninganizer.com – Pernahkah anda baru selesai mengunduh sebuah aplikasi dimana ketika hendak mengakses aplikasi tersebut akan muncul pop up mengenai permintaan ” allow” ? Tentu bagi kebanyakan pengguna aplikasi smartphone biasanya mengabaikan pesan tersebut dan asal klik “allow” agar proses akses ke aplikasi lebih cepat, tapi tahukah anda bahwa ada resiko ssetiap klik suatu permintaan akses aplikasi ? malah bukannya mempermudah malah bisa menjadi masalah dikemudian hari.

klik allow aplikasi

Sekedar informasi agar nantinya anda tidak asal klik ” allow” ketika mengakses aplikasi dimana ketika muncul pop up ” allow” di aplikasi anda, berarti bahwa aplikasi tersebut meminta akses khusus untuk menggunakan data di smartphone anda, dimana bisa berupa akses ke email, lokasi, kontak, gallery, bahkan bisa sampai ke file pribadi di perangkat anda hingga resiko gadget disadap orang yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu pahami resiko dan jangan asal klik “allow”.

Baca Juga  Tips Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

Untuk itu perlunya anda ketahui beberapa tindakan pencegahan bagi anda untuk mengecek kembali aplikasi apa saja yang telah anda klik “allow” serta apa saja yang perlu anda lakukan bila anda telah mencurigai perangkat anda telah di sadap atau di pantau oleh aplikasi tidak bertanggung jawab. Berikut penjelasannya dibawah ini :

1. Memahami Tujuan dan Fungsi Website/Aplikasi

Tentunya setiap aplikasi memiliki fungsi dan maksud khusus ketika anda mengunduhnya ke perangkat anda, dimana seperti contoh aplikasi edit foto maka tentunya hal relevan yang diminta adalah akses foto dan galery untuk mengambil dan mengedit foto, dan akses ke lokasi atau kontak tidak relevan lagi bukan ? dan juga pastikan aplikasi tersebut aman dan dari developer aplikasi terpercaya dan diunduh dari playstore resmi, agar akses yang anda berikan tidak disalah gunakan.

Baca Juga  Cara Jitu Ponsel Android Ngebut Dan Lancar Tanpa Ngelag

2. Menggunakan Penutup Kamera

Bagi anda yang merasa perangkat anda telah disadap atau diretas karena izin ke aplikasi dan membuat anda tidak nyaman maka mungkin membeli penutup kamera dapat membuat anda lebih nyaman, dimana dapat anda bisa membelinya di berbagai toko online ataupun toko offline terdekat. Bahkan beberapa pabrikan gadget terbaru sudah menyediakan sepaket dengan perangkat.

3. Cek di Pengaturan

Bagi anda yang sudah terlanjut asal klik “allow” sebelum nya pada setiap aplikasi yang anda unduh, maka anda dapat mengecek kembali di pengaturan perangkat anda dibagian setting dan mengecek setiap izin aplikasi yang anda miliki. Anda dapat mengecek satu-satu aplikasi anda dan melihat akses apa saja yang anda berikan sebelumnya seperti kontak, galeri, kamera, dan sebagainya.

Sekian informasi mengenai tips Jangan Asal Klik Allow Ketika Baru Mengunduh Aplikasi, dimana anda perlu Lebih Waspada akan Resikonya yang bisa berakibat pencurian data, penyalah gunaan data, hingga penyadapan dan peretasan perangkat anda, yang mana tentunya anda tidak mau bukan ?

Artikel Terbaru

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img