Sakit Gigi ? Berikut Obat Sakit Gigi di Apotek Ampuh Untuk Meredakan Nyeri

kuninganizer.com – Bagi anda yang pernah merasakan sakit gigi atau bahkan sedang merasakan sakit gigi sekarang saat membaca artikel ini tentu merupakan pengalaman yang menyakitkan serta membuat segala aktifitas malah jadi berantakan akibat nyeri yang ditimbulkan karena sakit gigi. Maka tentunya salah satu hal yang segera anda cari adalah obat sakit gigi yang ampuh meredakan rasa nyeri dan sakit yang diderita dan kembali dapat beraktifitas normal.

Obat sakit gigi memang pas untuk menjadi solusi tercepat untuk meredakan sakit gigi sebelum anda memiliki waktu untuk memeriksakan gigi anda ke dokter gigi, dimana terdapat berbagai macam obat sakit gigi yang bisa anda pilih dari jenis antibiotik dan antinyeri. Namun tentunya beberapa macam obat memerlukan resep dokter dan tidak bisa di beli secara bebas.

Obat Sakit Gigi di Apotek

Lalu apa saja obat sakit gigi yang bisa di beli di apotik yang ampuh meredakan sakit gigi ?

Apabila berbicara macam-macam obat sakit gigi di apotik tentunya anda akan dihadapkan banyak pilihan termasuk obat yang bisa ditebus tanpa resep dokter dan harus menggunakan resep dokter. Namun kali ini kita akan membahas obat sakit gigi yang paling banyak digunakan serta terbukti ampuh meredakan sakit gigi. Berikut daftar obat sakit gigi yang bisa anda beli di apotik :

1. Paracetamol

Pertama adalah paracetamol, dimana walaupun obat ini lebih dikenal sebagai obat untuk meredakan demam, akan tetapi perlu anda ketahui bahwa paracetamol juga ampuh membantu meredakan nyeri akibat gigi berlubang, dimana paracetamol bekerja di bagian otak yang bertugas “menerima pesan” rasa nyeri dari jaringan di tubuh, dan mengatur suhu tubuh. Namun Paracetamol ini tidak dapat meredakan inflamasi atau peradangan jaringan, maupun pembengkakan.

Baca Juga  Tips Menambah Berat Badan 5kg Cepat dalam Seminggu Secara Alami

Adapun Dosis pemakaian paracetamol untuk mengatasi sakit gigi adalah:

  • Orang dewasa: 1000 mg setiap 6-8 jam atau 2 tablet yang diminum 4-6 jam
  • Anak yang berusia 12 tahun atau lebih: 325-650 mg tiap 4-6 jam atau 1000 mg 3-4 kali sehari
  • Anak berusia lebih dari 6 bulan hingga 12 tahun: 10-15 mg tiap 4-6 jam saat diperlukan. jangan melebihi 5 dosis dalam 24 jam. Dosis maksimal adlah 75 mg/hari.

Catatan : Perhatikan dosis dan pemakaian obat yang sewajarnya sebab overdosis paracetamol dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan hati.

Baca Juga  Arti Mimpi Gigi Bawah Copot, Mimpi Buruk Atau Baik?

2. Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat sakit gigi di apotek yang cukup populer yang bisa anda beli tanpa menggunakan resep. Dimana dalam mengonsumsinya, pastikan Anda mengikuti instruksi serta dosis yang tertera di kemasan dengan tepat.

Sekedar informasi, Ibuprofen merupakan obat yang masuk ke dalam golongan anti-inflamsi non steroid (AINS), dimana obat ini bekerja dengan cara menekan produksi hormon yang menyebabkan peradangan jaringan dan rasa sakit di tubuh, termasuk gigi.

Adapun Dosis pemakaian ibuprofen untuk membantu mengatasi sakit gigi adalah:

  • Orang dewasa dan remaja: 20 – 400 mg setiap 4 hingga 6 jam. Batas doses paling tinggi adalah 3200 mg/hari.
  • Anak di atas 6 bulan: dosis disesuaikan dengan berat badan. Umumnya dosis yang diperlukan adalah 10 mg/kg setiap 6-8 jam sekali atau 40 mg/kg per hari. Konsumsi ibuprofen utnuk anak sebaiknya di bawah pengawasan dokter.

Catatan : Ibuprofen dapat menimbulkan interaksi obat apabila dikonsumsi bersamaan dengan aspirin, ACE inhibitor, obat pengencer darah, dan golongan kortikosteroid apabila anda menggunakan dengan obat lain. Selain itu penggunaan ibuprofen dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi lambung dan kerusakan hati serta ginjal hingga risiko timbulnya gangguan jantung dengan penggunaan secara berlebihan.

3. Naproxen

Obat yang satu ini termasuk golongan obat AINS seperti ini Ibuprofen dan bekerja dengan cara menekan produksi hormon yang menjadi penyebab rasa nyeri dan meredakan peradangan. Tentunya konsumsi obat ini harus mengikuti instruksi dan dosis yang tertera di kemasan.

Adapun dosis pemakaian naproxen untuk atasi sakit gigi adalah sebagai berikut:

  • Orang dewasa: 550 mg naproxen sodium diminum sekali atau setiap 12 jam
  • Anak-anak yang lebih dari 2 tahun: 2,5 – 10 mg/kg berat badan diberikan setiap 8 hingga 12 jam. Dosis maksimum adalah 10 mg/kg berat badan.

Catatan : Penggunaan obat ini secara berlebihan akan dapat meningkatkan risiko Anda terkena serangan jantung dan stroke. Obat ini juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena berpotensi menimbulkan gangguan pada janin.

4. Diclofenac

Obat ini juga termasuk obat sakit gigi yang cukup ampuh, apalagi jika rasa sakit atau nyeri yang muncul disertai dengan bengkak. Obat ini juga termasuk golongan AINS dan dapat bekerja sebagai antiinflamasi atau peradangan. Diclofenac tersedia dalam bentuk tablet atau kapsul dan bisa dikonsumsi 2-3 kali sehari. Dosis konsumsi sebaiknya dipilih yang paling rendah.

Catatan : Penggunaan obat ini sebaiknya jangan dikonsumsi oleh orang memiliki tekanan darah tinggi, memiliki alergi terhadap obat-obatan golongan AINS, dan sedang hamil atau menyusui.

5. Aspirin

Aspirin atau yang juga dikenal dengan asam asetil salisilat jadi salah satu obat sakit gigi yang tersedia di apotek yang bisa Anda coba. Dimana aspirin sebagai obat pereda nyeri akibat sakit kepala, sakit gigi hingga nyeri haid.

Dosis pemakaian aspirin untuk mengatasi sakit gigi adalah 300 mg sehari yang diminum 4-6 jam atau setara 1-2 tablet sehari untuk orang dewasa. Pemberian aspirin pada anak sebaiknya atas seizin dokter karena efek sampingnya bisa membahayakan.

Demikian informasi mengenai Obat Sakit Gigi di Apotek Ampuh Untuk Meredakan nyeri dan sakit gigi serta pembengkakan. Semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Artikel Terbaru

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img