Apa Arti Bootloop? Pengertian dan Solusinya

kuninganizer.com – Apakah anda pernah mendengar istilah bootloop sebelumnya ? yang mana merupakan masalah yang biasanya terjadi di smartphone, walaupun tidak jarang terjadi di Laptop atau PC. Jadi apa itu Bootloop ? Istilah ini biasa digunakan ketika terdapat masalah di perangkat anda seperti smartphone dimana masalah yang mengakibatkan sistem tidak bisa berjalan secara semestinya. Jadi Bootloop adalah suatu masalah yang bisa menyebabkan perangkat anda seperti smartphone, laptop, atau PC, dan anda tidak bisa masuk ke sistem, yang mana biasanya hanya akan sampe dan berulang tampilan logo awal saja. Dan masalah Bootloop bisa “menyerang” perangkat apa saja, walaupun perangkat anda murah atau bahkan mahal sekelas flagship sekalipun.

Lalu Berapa Lama Bootloop ini biasanya Terjadi?

Permasalahan Bootloop pada perangkat umumnya bersifat continue, dimana apabila masalah bootloop belum anda tangani atau menemukan solusi, maka anda tidak akan bisa menjalankan smartphone atau komputer anda secara normal. Jadi tentunya bagi anda yang mendapatkan masalah Bootloop, sebaiknya mencari solusi sesegera mungkin agar perangkat anda bisa berfungsi normal kembali.

Baca Juga  Cara Jitu Ponsel Android Ngebut Dan Lancar Tanpa Ngelag

Apa Arti Bootloop

Kemudian, apa yang menyebabkan masalah bootloop ?

Berikut beberapa penyebab perangkat anda mengalami bootloop, sehingga anda dapat mengetahui dan mengurangi resiko masalah bootloop terjadi lagi kedepannya :

1. Perangkat Yang Tidak Dimatikan Dengan Benar

Kejadian ini banyak disepelekan oleh para pengguna perangkat, baik itu pengguna smartphone, PC atau laptop. Dimana banyak yang tidak mematikan perangkat dengan prosedur yang benar yang apabila dilakukan secara terus menerus akan berpotensi untuk merusak sistem, dan salah satunya masalah bootloop.

Baca Juga  Cara Mematikan Autoplay Video di Youtube, Facebook, Instagram, dan Twitter

2. Baterai HP Habis

Kebiasaan menggunakan perangkat hingga baterai benar-benar habis sehingga perangkat mati sendiri juga berpotensi merusak sistem serta memicu masalah bootloop. DImana ketika baterai habis, perangkat pun akan menutup secara paksa semua sistem yang sedang berjalan sebelumnya.

3. Akibat Root

Bagi anda yang pernah melakukan root, anda perlu berhati-hati akan merusak sistem perangkat anda yang mana walaupun root cukup bermanfaat untuk mengkonfigurasi sistem smartphone secara lebih leluasa, akan tetapi dapat membuat masalah jika tidak dilakukan dengan tepat, termasuk masalah bootloop ini.

4. Gagal Update

Dan terakhir adalah bisa jadi penyebab bootloop disebabkan karena gagalnya update sistem operasi di HP anda, yang mana bisa kegagalan download sistem operasi terbaru atau pada saat pemasangannya. Jadi sebagai saran, bagi anda yang ingin memperbaharui sistem operasi sebaiknya menggunakan jaringan yang stabil terlebih dulu. Dan juga jangan lupa untuk memberi ruang memori internal anda untuk file pemasangan sistem operasi terbaru.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah bootloop ?

Berikut beberapa cara dan solusi untuk mengatasi masalah bootloop di perangkat anda seperti di smartphone :

  • Melakukan reboot berulang-ulang
  • Factory reset / hard reset
  • Membersihkan cache lama
  • Mengembalikan Permission seperti semula
  • Membawanya ke tempat service

Apakah Data HP Bootloop Akan Hilang?

Dengan kondisi normal atau umu, data anda akan tetap aman walaupun smartphone atau pc anda terkena masalah bootloop, namun bisa jadi hilang apabila anda melakukan melakukan hard reset atau melakukan flashing ROM untuk memperbaikinya, dimana kedua cara tersebut dapat menghapus seluruh data yang ada di smartphone anda seperti data sistem hingga file biasa berupa foto, video dan sebagainya.

Untuk lebih aman, sebaiknya anda melakukan backup data terlebih dulu sebelum melakukan hard reset atau flashing ROM dengan maksud agar data penting anda  di smartphone tidak ikut hilang akibat memperbaiki masalah bootloop.

Sekian informasi mengenai Apa Arti Bootloop? Pengertian dan Solusinya untuk mengatasi masalah bootloop beserta informasi terkait lainnya sehingga anda benar-benar mengetahui sebab dan cara memperbaikinya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Artikel Terbaru

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img