Cara Membuka Lupa Kunci Pola PIN Smartphone Yang Terkunci

kuninganizer.com – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pola kunci smartphone merupakan fitur bawaan smartphone yang berguna untuk menjaga keamanan serta privasi pemilik smartphone itu sendiri dari tangan-tangan jahil dan tidak bertanggung jawab yang mencoba mengakses smartphone anda, dimana pola kunci akan membatasi akses ke smartphone hanya bagi yang mengetahui kombinasi atau pola kunci yang telah di terapkan.
Pola kunci atau biasa juga disebut PIN yang kependekan dari Personal Identification Number dapat berupa pola angka unik dan rahasia atau bisa juga berbentuk gesture titik untuk dapat membuka akses smartphone. Namun tentunya, dalam membuat pola kunci atau PIN sebaiknya anda benar-benar mengingat dan fasih akan pola kunci tersebut, jangan dibuat terlalu susah sehingga mudah anda lupakan atau jangan pula dibuat terlalu mudah yang nantinya tingkat keamanan akses ke smartphone anda pun rendah.
Namun walaupun begitu, tetap banyak orang yang memiliki masalah melupakan pola kunci atau PIN di smartphone, baik itu karena teledor, lupa, asal-asalan membuat pola kunci, dan berbagai alasan lainnya yang mana akan sangat menyebalkan bukan? apalagi jika anda perlu segera mengakses smartphone anda untuk menelpon, menggunakan aplikasi atau sosial media, mengambil foto penting, dan sebagainya.
Baca Juga  Tips Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang
Apabila anda mendapatkan masalah tersebut, jangan terlalu panik dan bingung, sebab perlu anda ketahui bahwa ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membuka kembali smartphone atau ponsel anda yang lupa akan pola kunci PIN tanpa ribet .
Baca Juga  Cara Jitu Ponsel Android Ngebut Dan Lancar Tanpa Ngelag
Mau tahu cara membuka pola kunci PIN smartphone dengan mudah dan cepat?  Simak berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan :

Menggunakan Smart Lock

Bagi anda pengguna smartphone android versi 5.0 atau versi yang lebih tinggi, maka fitur ini dapat anda gunakan, dimana dengan fitur ini memungkinkan Anda membuka kunci ponsel secara otomatis dalam kondisi tertentu, seperti ketika terhubung ke jaringan Wi-Fi rumah.  Nah, bagi anda yang lupa pola atau PIN, anda cukup kembali ke rumah untuk membuka kunci smartphone anda kembali.

Menggunakan fitur Find My Device

Cara selanjutnya pun sangat mudah ketika anda lupa pola kunci smartphone, dimana anda cukup mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
– Langkah pertama, masuk ke komputer Anda.
– Masuk ke layanan Find My Device dengan Google, sebelumnya dikenal sebagai Android Device Manager.
– Kemudian pilih perangkat yang dimaksud dari daftar perangkat yang terkait dengan akun Anda.
– Kemudian ketuk “Lock”.
– Setelah Anda mengunci ponsel dengan kode baru, kode tersebut akan menimpa kode asli yang Anda lupa.
– Jika sudah selesai, Anda memiliki akses ke ponsel dengan kode baru.

Opsi keamanan pihak ketiga

Apakah anda telah mengetahui bahwa beberapa merek smartphone sering menggabungkan perangkat lunak keamanan mereka sendiri ke dalam ponsel, seperti Find My Mobile oleh Samsung. Fitur tersebut dapat sangat berguna untuk melewati layar kunci, tetapi Anda tentunya harus sudah mengaturnya terlebih dahulu.

Menggunakan akun Google

Perlu anda ketahui bahwa google dapat membantu Anda membuka smartphone bagi anda yang lupa PIN sehingga anda dapat membuka membuka smartphone anda dengan bantuan Google. Berikut caranya :
– Setelah Anda mencoba untuk membukanya akan ada opsi di bagian bawah layar akan muncul yang bertuliskan “Forgot Pattern”. Lalu klik tulisan itu.
– Kemudian masuk ke akun Google Anda.
– Setelah diautentikasi dengan akun Google, Anda akan dapat memilih PIN baru, pola, kunci, dan lain-lain, kemudian membuka kunci perangkat Anda.

Menggunakan fitur forgot pattern

Bagi anda yang masih menggunakan smartphone android versi OS 4.4 kitkat dan lebih rendah bisa melakukan cara ini, dan bagi yang memiliki OS android lebih tinggi bisa melewatkan cara ini.
Bagi yang memiliki spesifikasi sistem operasi di atas, anda bisa mengikut langkah-langkah berikut ini:
Cobalah untuk memasukkan PIN secara sembarang sebanyak 5 kali atau sampai batas maksimal hingga muncul pesan coba lagi dalam 1 menit.
Kemudian pilih forgot pattern atau forgot password.
Kemudian tentukan metode lupa sandi yang anda inginkan. Secara umum, ada dua metode yang digunakan untuk lupa PIN ini, yaitu dengan menjawab pertanyaan keamanan yang telah anda buat di awal pendaftaran akun atau masuk dengan akun Google milik anda.
Apabila anda memilih pilihan kedua, maka Google akan mengirim email yang berisi PIN anda yang baru dan anda juga bisa menggantinya dengan bebas setelah berhasil membuka hp anda.

Menggunakan ADB untuk hapus PIN

Dan terakhir dan cukup rumit tetapi tetap mudah jika anda menyimak dengan baik, yakni dengan mengaktifkan layanan USB Debugging, dimana Anda juga bisa melakukan metode ini dengan menggunakan komputer yang pernah terhubung ke smartphone yang terkunci tersebut menggunakan USB. Tentunya bagi anda yang sudah terbiasa melakukan root atau install custom ROM pasti tidak akan asing lagi dengan metode ini.
Pertama sambungkan dulu ponsel anda ke PC dengan menggunakan kabel USB.
Buka software Command Prompt dan kemudian ketikkan perintah CMD berikut: adb shell rm/data/system/gesture/key agar bisa masuk ke direktori instalasi ADB.
Kemudian Reboot ponsel anda, maka sandi akan menghilang dari smartphone anda.
Saat proses reboot pertama berlangsung, segera ganti password smartphone anda sebelum proses reboot kedua berlangsung.
Demikian informasi mengenai Cara Membuka Lupa Kunci Pola PIN Smartphone Yang Terkunci, sehingga anda tidak perlu panik atau bingung sebab tentunya pembuat smartphone telah menyiapkan beberapa opsi ketika masalah ini terjadi kepada para pengguna smartphone mereka.

Artikel Terbaru

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img